Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5

Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5

Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5

Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5 -  Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan juga saat ini banyak perangkat wireless juga telah melakukan banyak perubahan untuk menunjang kelanlaran koneksi perangkat jaringan. Wireless sendiri merupakan perangkat penghubung jaringan nirkabel yang sangat bermanfaat untuk pengguna jaringan dalam menghubungkan dua lokasi yang jauh dan yang tidak memungkinkan menggunakan koneksi kabel LAN.

Perangkat wireless yang memiliki kualitas baik sangat banyak, dan juga bervariasi, contohnya : Ligowave, MIMO, TP-LINK, D-LINK, Ubiquity namun saat ini saya menggunakan wireless Ubiquity LiteBeam M5 sebagai perangkat wireless yang menghubungkan beberapa area di lokasi kerja saya. Karena memang lokasi kerja di  Untuk menunjang kelancaran jaringan dan koneksi sistem baik komunikasi dan sharing data di perusahaan saya bekerja, saya memilih perangkat wireless Ubiquity karena memang cara setting wireless Ubiquity termasuk yang paling mudah dan juga wireless ubiquity menurut saya memiliki kualitas yang bagus dan lebih stabil untuk backup jaringan di kantor saya yang memerlukan trqansfer data yang cukup besar.
Product Wireless Ubiquity sebenarnya sangat banyak, seperti PicoStation M2, PowerBeam M5, Nanobridge M2, NanoBridge M5, LiteBeam M5 dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja penggunaannya atau pemilihan perangkat wireless tergantung kebutuhan jaringan sobat seperti apa. Namun Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5 yang saat ini baru saya gunakan.

Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5 sebenarnya tidak jauh beda dengan product Ubiquity lainnya jika sobat pernah menggunakannya, karena Wireless Ubiquity LiteBeam M5 ini juga sama sama menggunakan web setting, sehingga mempermudah pengguna dalam melakukan konfigurasi wireless LiteBeam M5 dan juga wireless lain dari product Ubiquity.

Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5 :

  1. Langkah awal adalah silahkan sobat rangkai terlebih dahulu perangkat wireless Ubiquity LiteBeam M5, jika kesulitan dalam merangkai, sobat bisa membuka buku panduan yang ada di dalam kotak wireless, dan buku panduan konfigurasi LiteBeam M5 setau saya sangat mudah dipahami, sehingga mempercepat sobat dalam melakukan konfigurasi wireless LiteBeam M5
  2. Langkah selanjutnya silahkan sobat koneksikan perangkat radio wireless LiteBeam M5 ke POE dan juga ke Laptop sobat menggunakan kabel jaringan LAN dengan susunan Straight.
  3. Untuk melakukan setting wireless LiteBeam M5 silahkan masuk ke web setting menggunakan aplikasi Internet Explorer kemudian silahkan ketikkan IP Default Wireless LiteBeam M5 biasanya 192.168.1.20 Subnet Mask 255.255.255.0 namun jika perangkat wireless Ubiquity atau wirelss LiteBeam M5 sobat sudah pernah di setting, silahkan lakukan reset dengan cara menekan tombol reset yang biasanya terletak di perangkat wireless dan ada lubang kecil dengan keterangan reset, tahan hingga sekitar 1 menit.
  4. Setelah masuk ke web setting biasanya sobat akan dianjurkan untuk melakukan setting awal dengan memasukkan user name = ubnt dan password ubnt. kemudian silahkan isikan negara dan bahasa yang digunakan.
  5. Langkah selanjutnya adalah lakukan setting IP Wireless sobat sesuai keinginan, supaya proses setting berikutnya lebih mudah. Langkahnya sobat masuk ke menu Network kemudian rubah Management Network ke Static dan isikan IP Address serta Subnet Mask sesuai keinginan dan juga Gatewaynya, jika dibutuhkan silahkan masukkan DNS juga. jika proses selesai silahkan klik menu Change di bawah, dan selanjutnya akan minta konfirmasi apakah benar mau disimpan atau tidak, jika iya silahkan klik menu Apply pada tampilan yang mucul setelah di change.
  6. Selanjutnya setelah proses rebot selesai silahkan sobat lakukan setting password login web setting sebagai keamanan jaringan sobat. Masuk ke menu System kemudian Ubah Device Name, Time Zone sesuaikan dengan lokasi sobat, Ubah Administrator User Name, kemudian untuk merubah password silahkan ketik gambar Kunci atau logo kunci sebelah nya, Setelah itu masukkan Corrent  Password = ubnt , New Password sesuai keinginan sobat, dan masukkan password yang sama pada verify New Password, jika sudah silahkan Change dan Apply tunggu hingga proses booting selesai.
  7. Langkah selanjutnya silahkan setting ke menu Wireless, sobat bisa menentuka perangkat wireless tersebut sebagai Access Point (Pemancar) atau sebagai Station (Penerima) silahkan tentukan pada Wireless Mode. kemudian jangan lupa centang WDS, jika sobat sebagai station silahkan isikan SSID : Nama Wireless yang akan terbaca di station nantinya, namun dsni saya setting sebagai Station, sehingga nantinya akan membaca Wireless AP yang ada di lokasi office. Kemudian silahkan setting Wireless Security sebagai keamanan jaringan sobat, samakan dengan Wireless Security pada Wireless Pemancar atau Wireless Access Point.
  8. Utuk mencari perangkat AP yang sudah kita setting dan yang akan kita sambungkan silahkan pilih menu Select kemudian cari perangkat pemancar atau Access Point yang sobat Cari, pilih dan Klik menu Lock Access Point. dan Change
  9. Jika masih belum tebaca silahkan lakukan pointing ulang hingga koneksi terbaca pada scan AP tersebut, arahkan ke lokasi AP dengan cara putar ke kanan dan kekiri atau posisi naik turunnya Wireless.
  10. Jika pointing sudah selesai dan signal wireless AP lemah silahkan coba tambahkan range jarak wireless dengan cara masuk ke menu Setting Advanced dan atur Distance sesuai jarak lokasi wireless Station dengan wireless Access Point Sobat kemudian jangan lupa simpan konfigurasi dengan cara klik menu Change.
  11. Jika semua proses sudah benar pastikan signal dan dan kualitas signal bagus sehingga jaringan sobat bisa lancar tanpa hambatan
Demikian sedikit sharing dari saya terkait Cara Mudah dan Cepat Setting Wireless LiteBeam M5. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi sobat semua, dan jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa berikan komentarnya dibawah ini, saya usahakan balas satu persatu saat saya ada waktu luang. karena memang saya saat ini masih sambil bekerja di salah satu perusahaan swasta. terima kasih atas kunjungannya di website saya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM