Bahaya Dibalik Aplikasi Zoom Video Call - miraclewijaya.com

Bahaya Dibalik Aplikasi Zoom Video Call

Bahaya yang mengintai pada penggunaan aplikasi Zoom ! Pada saat dunia dilanda pandemi virus corona, banyak masyarakat yang dihimbau untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah, bahkan dihimbau untuk belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah dirumah, untuk menekanpenyebaran virus corona yang semakin meresahkan.

Saat pandemi covid-19 melanda seluruh dunia, banyak para pekerja ingin tetap bisa berkomunikasi dan berkoordinasi antar karyawan, sehingga memacu para karyawan atau pekerja mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk video conference atau meeting online supaya bisa tetap bertatap muka dan berkomunikasi atau meeting tatap muka secara online.

Sebenarnya banyak aplikasi video conference atau meeting online yang bisa sobat gunakan, untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang aplikasi video conference zoom yang sebenarnya berbahaya jika sobat gunakan sebagai pilihan aplikasi meeting online. 

Apa bahaya aplikasi zoom jika dipakai di smartphone atau laptop? Akhir akhir ini semakin tranding terkait bahaya aplikasi zoom. Dibalik layanan zoom yang bisa dipakai untuk viceo call secara bersamaan dan keseruan ketika menggunakannya, ternyata memiliki bahaya dan resiko terkait data penting pengguna serta dapat memudahkan injeksi virus masuk ke dalam perangkat yang terinstall zoom, untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Perlu sobat ketahuni apa saja yang akan dibagikan oleh aplikasi zoom? Berikut data yang tanpa sadar telah disebar oleh aplikasi zoom :
  1. Waktu penggunaan Zoom,
  2. Model perangkat pengguna Zoom,
  3. Lokasi,
  4. Operator seluler pengguna, dan
  5. ID khusus pengguna Zoom.

Bahaya Aplikasi Zoom Pertama

Penelitian terkait keamanan pengunaan aplikasi seperti zoom ternyata sudah dilakukan dan media ternama The Intercept, telah melaporkan bahwa aplikasi zoom ini tidak melakukan enkripsi pada panggilan video yang dilakukan oleh pengguna.

Informasi tersebut juga tidak dibantah oleh juru bicara Zoom, dan keamanan dari aplikasi Zoom hanya menggunakan protokol Transport Layer Security "TLS". Protokol TLS ini memungkinkan untuk peretas dapat melihat atau mengintip data pribadi atau data penting pengguna aplikasi zoom, sehingga bisa jadi disalah gunakan untuk keperluan mereka peretas.

Bahaya Aplikasi Zoom Kedua

Tidak hanya mudah diintip datanya, aplikasi zoom ini juga memiliki resiko seperti penjelasan Media Teknologi Motherboard, yang menemukan jika Zoom bisa membocorkan alamat email serta foto pengguna zoom kepada pihak asing. dan informasinya sudah banyak pengguna Zoom yang terkena dampaknya.

Hal tersebut berawal pada bagian menu "Company Directory". Dari situ pengguna zoom bisa mengkelompokan daftar kontak pengguna, serta domain yang sama untuk keperluan pengambilan data pada account email pengguna lainnya.

Bahaya Aplikasi Zoom Ketiga

Pengguna iOS dalam bahaya, karena aplikasi zoom tidak sepenuhnya aman digunakan untuk kalian. sebenarnya pada saat install sobat akan disuruh membaca persyaratan dan ketentuannya, nah banyak diantara pengguna yang biasanya mengabaikan hal tersebut. Padahal pada syarat dan ketentuan juga sudah dijelaskan bahawa beberapa data akan bisa diakses oleh zoom termasuk data kontak email dll.

seperti halnya penjelasan di awal tadi, pengguna iOS tidak akan sadar jika aplikasi zoom akan mengirim data seperti berikut ini pada iOS kalian :
  1. Waktu penggunaan Zoom,
  2. Model perangkat pengguna Zoom,
  3. Lokasi,
  4. Operator seluler pengguna, dan
  5. ID khusus pengguna Zoom.
Bahaya Aplikasi Zoom Keempat

Perlu sobat ketahui, data data pengguna aplikasi Zoom tersebut sebenarnya akan dikirim ke perusahaan terbesar di dunia yaitu Facebook. Namun tanpa sepengetahuan pengguna. Terutama bagi pengguna Apple ketika sobat menginstall Zoom pada iOS kalian, secara otomatis data perangkat Apple akan tersambung ke Graph Application Programming Interface "API" perusahaan Facebook.

Sebagai pengetahuan bahwa API tersebut digunakan programmer untuk mengambil data dari luar platform, seperti data wajah dan data penting lainnya.

Untuk saat ini silahkan beralih ke selain aplikasi Zoo sebagai alternatif komunikasi video conference atau video call meeting sobat. silahkan baca artikel saya tentang rekomendasi aplikasi video call meeting online berikut ini .

5 Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Meeting Online




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel